“APLIKASI SAPA” SEBAGAI MEDIA PERCEPATAN PENANGANAN PENGADUAN PERIZINAN KOTA SURAKARTA




Dalam rangka percepatan pelayanan pengaduan perizinan di Kota Surakarta serta dalam rangka optimalisasi pelayanan perizinan, dibangun sebuah mekanisme pengaduan yang praktis, cepat, mudah diakses, responsif dan informatif berbasis teknologi informasi melalui aplikasi “SAPA” (Saluran Aspirasi dan Pelayanan Aduan).

Aplikasi pengaduan secara online berbasis teknologi informasi ini merupakan upaya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta untuk memudahkan pemohon dalam menyampaikan aduannya sehingga tidak perlu bolak balik ke kantor, cukup mengirimkan aduannya secara online melalui aplikasi “SAPA” dengan dilengkapi data pendukung. Data pendukung dapat dilampirkan dalam berbagai jenis format file melalui kolom upload file.

Secara garis besar, pengaduan yang ada pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta dibagi menjadi 2 yaitu pengaduan teknis dan pengaduan administratif. Pengaduan teknis adalah pengaduan yang bersifat teknis dan harus melibatkan OPD atau dinas lain untuk penyelesaiannya, sedangkan pengaduan bersifat administratif berhubungan dengan kesalahan administratif yang dapat segera ditangani misalnya kesalahan pengetikan pada SK (Surat Keputusan).

Selain fitur penyampaian aduan secara administratif dan teknis, pada aplikasi SAPA ini juga dilengkapi fitur tracking progres pelayanan aduan yang memudahkan pemohon untuk melakukan pemantauan tindak lanjut aduan. Untuk memudahkan pengguna melakukan interkasi dengan admin, aplikasi “SAPA” juga dilengkapi fitur interactive chat sehingga semua pertanyaan dan aduan yang masuk dapat segera direspon.

Pengguna juga dapat melihat aduan yang masuk dan yang telah diselesaikan pada fitur laporan status aduan. Dan untuk masyarakat yang ingin mengetahui rekap/ grafik aduan yang masuk dapat melihat pada fitur rekap dan grafik aduan.

Aplikasi “SAPA” ini telah dilaunching secara resmi oleh kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta, Bapak Drs. Toto Amanto, MM pada 30 Agustus 2018 di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta serta disaksikan oleh seluruh pejabat struktural dan saat ini aplikasi “SAPA” baik dalam versi website maupun versi android secara resmi sudah dapat digunakan dan diaplikasikan.

Aplikasi “SAPA” dapat diakses langsung melalui website dengan alamat http:// www. sapa.surakarta.go.id, serta melalui link website DPMPTSP di http:// www.dpmptsp.surakarta.go.id dan link website Surakarta di http: // www.surakarta.go.id.

Bagi pengguna smartphone berbasis android, pengguna juga dapat mengunduh versi androidnya (.apk) “Sapa Kota Surakarta” melalui link website DPMPTSP di http:// www.dpmptsp.surakarta.go.id dan link website Surakarta di http: // www.surakarta.go.id.

Diharapkan dengan adanya aplikasi pelayanan aduan perizinan “SAPA” ini masyarakat semakin dimudahkan dalam menyampaikan masukan dan aduannya sehingga bermuara pada meningkatnya pelayanan perizinan di DPMPTSP Surakarta pada khusunya dan Pemerintah Kota Surakarta pada umumnya.