SKM 2018




Survei Kepuasan Masyarakat atau SKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik.

Survei Kepuasan Masyarakat merupakan tolok ukur untuk menilai tingkat  kualitas pelayanan yang diberikan oleh Unit pelayanan Publik. Survei ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan  kualitas pelayanan publik dan kinerja pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat.

SKM dilaksanakan secara berkala minimal 1 (satu) kali setahun dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reofrmasi Birokrasi nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat untuk Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Tujuan pelaksanaan SKM :

Mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan, mendapatkan informasi mengenai kualitas pelayanan, mengevaluasi program perbaikan kualitas pelayanan publik dan untuk menentukan strategi dan rencanan perbaikan ke depan.

Metodologi pengambilan sample menggunakan purposing sampling yaitu pada setiap jenis responden diambil sejumlah sample berdasarkan data populasi yang ada sesuai kerangka sampling.

Metode pengumpulan data lapangan langsung dengan metode kontak wawancara secara langsung.

Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.

Teknik analisis data menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA).

 

SKM yang dilaksanakan DPMPTSP terdiri dari 9 (sembilan) unsur :

Persyaratan

Sistem, mekanisme dan prosedur

Waktu penyelesaian

Biaya/ tarif

Produk spesifikasi jenis pelayanan

Kompetensi pelaksana

Perilaku pelaksana

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

sarana

Jumlah responden 470 orang 

Berdasarkan hasil perhitungan skor SKM yang di peroleh adalah 83,81% nilai tersebut berada pada rentang 74-100 sehingga skor SKMDinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta termasuk kategori A.Dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan masyarakat menilai Baik atau merasa Puas terhadap kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta.